sail tomini sulawesi tengah

Persiapan fisik dan atraksi-atraksi yang akan digelar pada puncak Sail Tomini 2015 secara umum sudah mencapai 75 persen, akan tetapi panitia lokal dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong selaku tuan rumah masih harus bekerja ekstra keras.

Masih banyak yang harus dikerjakan, bahkan beberapa item pekerjaan masih nol persen. Mau tidak mau, suka tidak suka, semua persiapan, khususnya pekerjaan fisik, harus selesai 100 persen pada 31 Agustus,” kata Sekretaris Panitia Nasional Sail Tomini 2015 Dedi H. Sutisna saat memimpin rapat panitia daerah di Parigi, Rabu petang. Menurut Dedi yang juga Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) tersebut, panitia harus bekerja siang dan malam karena kesempatan untuk mempersiapkan sarana dan fasilitas fisik tinggal sekitar 25 hari lagi.

Sebelum memimpin rapat yang juga dihadiri Deputi V Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, Dedi yang didampingi Wagub Sulteng Soedarto dan Bupati Parimo Syamsurizal Tombolotutu melihat dari dekat pekerjaan fisik di lokasi puncak acara Sail Tomini di Pantai Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah, sekitar 75 km tenggara Kota Palu. Setelah mendapat laporan dari para kontraktor pelaksana fisik dan kepala dinas terkait penyiapan lokasi acara puncak tersebut, Dedi mengaku optimistis bahwa pekerjaan fisik akan selesai tepat waktu. “Saya minta Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemkab Parigi Moutong meningkatkan koordinasi dan menetapkan item-item pekerjaan fisik yang paling prioritas untuk didahulukan,” ujarnya. Ia juga meminta perhatian khusus untuk beberapa hal seperti penyediaan bahan bakar untuk kapal-kapal peserta yacht rally dan parade kapal (sailing pass) karena hal ini banyak dipertanyakan ke panitia nasional.

Masalah lainnya adalah pengaturan arus lalu lintas pada saat acara puncak Sail Tomini pada 19 September 2015, mengingat lokasi acara terletak di jalan trans Sulawesi yang padat lalu lintas dan hanya terdapat satu jalur jalan darat. Dedi menegaskan bahwa rekayasa lalu lintas Ini harus diatur dengan baik agar acara puncak yang dihadiri Presiden, para menteri dan sejumlah duta besar negara sahabat serta sekitar 10.000 undangan ini berjalan lancar dan aman, namun para pengguna jalan tidak terlalu terganggu perjalanannya. Ia juga mengingatkan soal makanan yang akan disajikan baik kepada para tamu sangat penting (VVIP) sampai kepada para pengunjung agar dijamin aman dan mencukupi.

Acara puncak Sail Tomini akan digelar pada 19 September 2015 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dengan beberapa acara seperti parade kapal perang Indonesia dan negara-negara sahabat, kapal-kapal Pemerintah dan kapal nelayan, terjung payung, panen padi, udang dan ikan tambak. Presiden juga akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan, membuka dan meninjau pameran pembangunan dan promosi daerah serta gelar budaya nusantara.

Sumber : http://sailtomini2015.com/berita/72-persiapan-sail-tomini-sudah-75-persen.html

Leave a Comment